·

Minggu, 18 Mei 2008

Latar Belakang, Tujuan, dan Sasaran Tahun Marturia HKBP beserta Slogan Boan Sadanari

Thema :
.
Akulah yang memilih kamu, dan aku telah menetapkan kamu supaya kamu pergi dan menghasilkan buah (Yoh.15:16)
.
Sub. Thema :
.
Melalui Tahun Marturia HKBP 2008, HKBP memperlengkapi warga dan pelayannya sehingga mampu dan bertenaga untuk mewujudkan visi dan misinya khususnya menyongsong Jubileum 150 Tahun HKBP.
.
Slogan :
.
Boan sadanari tu Jesus !
.
1. Latar Belakang
.
Pemehaman Maturia sebagai salah satu tritugas gereja (Koinonia=Bersekutu, Marturia=Bersaksi dan Diakonia=Melayani) selama ini di kalangan jemaat adalah Pekabaran Injil (Sending) kepada orang-orang yang masih belum beragama (sipelebegu). Tugas Marturia dipandang berfokus pada PI ke luar, yakni kepada mereka yang belum menerima Injil.
.
Pemahaman yang terbilang telah mentradisi ini mengindikasikan bahwa dalam lingkungan jemaat HKBP sedang berlangsung suatu proses pendangkalan makna marturia sebagai suatu tugas panggilan gereja. PI ke luar yang ditandai dengan mengajak semua orang untuk menerima Yesus sebagai Tuhan dan Juruselamat (Pesan Agung : Mat.28:19-20; Kis.1:8) bukanlah tugas lembaga gereja saja, melainkan melekat sebagai panggilan hidup semua orang percaya. PI juga tidak hanya ditujukan kepada manusia melainkan untuk semua ciptaan (Mark.16:15), yaitu menyangkut hubungan dengan sesama manusia dan lingkungan hidup.
.
Kita harus memahami Marturia (Sending) dalam koridor sbb :
.
1. Pekabaran Injil bukan membuat orang supaya orang supaya beragama Kristen, tetapi membuat orang menjadi murid Yesus Kristus. Tuhan Yesus tidak pernah memerintahkan murid-muridNya supaya menjadikan banyak orang beragama Kristen, tetapi supaya menjadi murid-murid Tuhan Yesus. Penekanannya adalah supaya semua orang mengenal keselamatan sehingga banyak orang mau diselamatkan.
.
2. Menciptakan Jemaat Missioner. Jemaat disini bukan lembaga tetapi pribadi. Gereja itu bukan bukan hanya institusi tetapi juga pribadi setiap orang percaya. Gereja adalah orang-orang percaya itu sendiri. Pengertian inilah yang termaktub dalam Perjanjian Baru yang mempunyai empat pengertian tentang gereja, yaitu : Gedung Gereja; Tubuh Yesus Kristus (Yoh.2 : 19-21); persekutuan dari orang percaya (1 Kor 3:16- kamu adalah bait Allah) dan pribadi orang percaya itu sendiri (1 Kor.6:19-tubuhmu adalah bait Roh Kudus).
.
3. Pekabaran Injil itu mencakup Sending INTERNAL (PEMURIDAN DAN PENDEWASAAN) dan EKSTERNAL (PENYEBARAN).
.
2. Maksud dan Tujuan
.
Maksud dan tujuan Tahun Marturia HKBP 2008 ini adalah mengembalikan kembali semangat dan dukungan terhadap Pekabaran Injil baik secara internal maupun eksternal dengan menjadikan warga gereja menjadi jemaat yang missioner.
.
3. Sasaran
.
Melalui tahun Marturia diharapkan :
.
1. Mantapnya pemahaman dan penghayatan warga gereja terhadap arti dan makna marturia (sending dan musik).
2. Maeningkatnya semangat dan partisipasi warga gereja dalam misi Pekabaran Injil ke dalam dan ke luar.
3. Bertambahnya warga gereja yang memberikan waktu dan hidupnya untuk misi PI serta mau memperlengkapi diri dengan sungguh-sungguh lewat pelatihan PI.
4. Meningkatnya dukungan dana PI
5. Bertumbuhnya jemaat-jemaat yang melaksanakan pemuridan (Pembinaan Warga Gereja) dan KKR
6. Terciptanya berbagai liturgi kontemporer yang dapat digunakan dalam berbagai jenis ibadah.
7. Semakin banyak warga gereja yang mampu menggubah nyanyian baru yang bermutu untuk dinyanyikan dalam ibadah2, baik Sekolah Minggu, Remaja, NHKBP.
8. Meningkatnya kemampuan warga gereja untuk menyanyikan nyanyian gereja secara baik dan benar serta semakin bertumbuhnya warga yang mampu menjadi Song Leader.
9. Pemahaman dan penghayatan akan kidung pujian semakin bertumbuh dan berkembang yang akan membawa kepada kedewasaan iman.
10.Adanya rancang bangun rencana jangka panjang misi PI HKBP di masa depan.
.
Demikian sekilas tentang latar belakang, tujuan & sasaran rencana Program Kerja Tahun Marturia HKBP 2008, yang dikutip seperlunya dari hasil Rapat MPS HKBP serta pertemuan Kabid Marturia HKBP bulan September 2007. Latar belakang ini diharapkan menjadi acuan untuk masing-masing jemaat membuat Program Kerjanya untuk tahun 2008.
.
Mari kita serukan dan giatkan slogan ”BOAN SADANARI” kepada jemaat di seluruh HKBP. Kita berharap dan berdoa untuk HKBP. Tuhan pasti menolong kita untuk bertumbuh dan berobah lebih baik lagi. Jangan hanya mengeluh dan bersungut terhadap HKBP. Panggilan kepada kita semua, parhalado & warga jemaat, tunjukkanlah bahwa kita ini adalah MURID KRISTUS : bersekutu, bersaksi dan melayani dengan tindakan dan perkataan yang mencerminkan kasih kepada Tuhan, Sesama dan seluruh ciptaanNya.
.
Sumber : http://zending.multiply.com/journal

Tidak ada komentar:

Google Search Engine
Google
·

Guestbook of HKBP

·
·


Visitor Map