·

Rabu, 07 Mei 2008

Ama Parhobas HKBP Menteng Jakarta : Melengkapi Fungsi Sosial Gereja

Barangkali hanya HKBP Jalan Jambu, Menteng di Jakarta yang terdapat kumpulan Ama Parhobas (Pelayanan Kaum Bapak) yang mengaktualisasikan diri sebagai pengisi dan pelengkap tugas pelayanan sosial gereja yang tidak bisa dijangkau karena ketiadaan SDM-nya atau pun kurangnya tenaga pengurus gereja.
.
Status kumpulan Ama parhobas ini, sesungguhnya berada di luar struktural resmi pengurus gereja HKBP Menteng, namun keberadaannya sangat dibutuhkan gereja ini, mengingat jumlah pengurus gereja untuk melakukan tugas-tugas pelayanan baik bersifat kerohanian maupun sosial sangat terbatas.
.
Hebatnya, para anggota ama parhobas ini, yang jumlahnya hanya berkisar puluhan terdiri dari orang-orang sibuk. Dalam melaksanakan tugas sosial gereja, mereka tak pernah mengharapkan pamrih, bahkan untuk membiayai suatu hajatan sosial untuk gereja, mereka dengan sukacita urunan merogoh kocek sendiri.
.
Seperti beberapa bulan lalu, saat menggelar seminar Bahaya Narkoba di gereja itu, dengan mengundang Kalakhar BNN yang diwakili Brigjen Pol Muji Waluyo dan pakar seksologi dr. Naek L. Tobing, para anggota parhobas pun bergotong-royong membiayainya tanpa sedikitpun membebaninya pada kas gereja.
.
Awal Februari lalu, kumpulan kecil ini pun melaksanakan syukuran Tahun Baru di kediaman salah satu anggotanya Ir Posma Simbolon. Dihadiri sebagian besar anggota dan keluarganya, suasana kebersamaan terlihat begitu terengkuh.
.
"Ama Parhobas dibentuk untuk melayani sesuai dengan namanya. Fungsinya, menjalankan kegiatan sosial yang tidak sempat ataupun tidak dapat dijalankan pengurus gereja karena keterbatasan. Punguan ini sifatnya hanya pengabdian," ujar ketuanya DR. Sahala Lumban Gaol.
.
Menurut Staf Ahli Menkeu ini, syukuran Tahun Baru ini dilakukan sebagai ungkapan pujian kepada Tuhan yang masih memberi kesempatan dan berkatnya kepada punguan kecil ini hingga tahun 2008.
.
"Saya berharap semua anggota ama parhobas dan keluarganya dalam keadaan sehat, dan pengabdiannya kepada gereja terus meningkat. Kumpulan ini makin kompak dan solid dan terus berkarya demi kemuliaan Tuhan," tambahnya.
.
Turut hadir dalam kesempatan itu, pendeta yang bertugas di HKBP Menteng, Harry Panggabean, anggota ama parhobas seperti Tony Nababan, Posma Simbolon, Djonggi Simorangkir, Manurung. Syukuran ama parhobas pun makin meriah dengan hadirnya anak-anak, pelajar yang masih duduk di SMP, anggota punguan ini unjuk kebolehan memainkan musik band lengkap dengan mengusung beberapa tembang lawas.
.
Sumber : Mdn 01
Media Dalihan Na Tolu (Medan), Edisi 02, 25 Maret 2008

Tidak ada komentar:

Google Search Engine
Google
·

Guestbook of HKBP

·
·


Visitor Map