·

Rabu, 03 September 2008

Pdt WTP Simarmata MA: Marilah Menang Tanpa Mengalahkan Orang Lain

Sekjen HKBP Pdt WTP Simarmata MA dalam kapasitasnya sebagai Ketua Umum Panitia Sinode Godang HKBP ke-59 tgl 1-7 September 2008 yang berlangsung di Sipoholon Taput, mendapat applaus tepuk tangan dari peserta dan undangan yang berjumlah sekitar 3000 orang, ketika membacakan laporannya pada acara pembukaan Sinode, Selasa (2/9-08).

Di antara undangan kelihatan Gubernur Sumatera Utara Syamsul Arifin SE, tokoh masyarakat DR GM Panggabean, anggota-anggota DPD-RI, DPR-RI, DPRDSU, para Bupati Walikota dll.

Banyak kata-kata mutiara diucapkan Pdt WTP Simarmata, yang mengundang tepuk tangan meriah dan bernada membawa kesejukan untuk Sinode.

Di antaranya, Pdt WTP Simarmata MA yang juga calon Ephorus tersebut, dalam laporannya mengatakan : Kita boleh berbeda pendapat tapi kita tetap bersaudara. Kita boleh berbeda pilihan tetapi tetap HKBP. Sebab HKBP telah dewasa dan tidak mau mengulangi sejarah masa lalu.

Marilah menang tanpa mengalahkan orang lain. Marilah memperkenalkan diri tanpa merendahkan orang lain.

“Marilah bergembira tanpa menyakiti orang lain. Siapapun yang terpilih adalah pilihan Tuhan. Kalau belum terpilih belum tentu kalah, tetapi karena suaranya belum mencukupi. Kita berdoa dan bersama-sama mendukungnya. Agar HKBP tetap utuh membangun bangsa, negara dan masyarakat. Yang tidak terpilih bukanlah karena kalah tetapi karena belum waktunya terpilih.

Kata-kata mutiara dari Pdt WTP Simarmata MA tersebut berulang-ulang mendapat tepuk tangan.

Isi selengkapnya laporannya yang cuma satu folio tersebut, dikutip di bawah ini.

Laporan Ketua Umum Panitia Sinode Godang HKBP ke-59 tanggal 1-7 September 2008 di Seminarium Sipoholon Tarutung.

Salam sejahtera, selamat siang, HORAS.

Yth : Ompui Ephorus HKBP beserta ibu, para Kepala Departemen beserta ibu, para Bapak Praeses dan segenap synodistan yang datang dari segenap penjuru tanah air, dari Banda Aceh dan dari Papua bahkan dari luar negeri.

Kita sangat berbahagia sekali karena acara pembukaan ini dihadiri oleh yang kita hormati Gubsu Bapak H Syamsul Arifin SE. Bapak Gubsu Syamsul Arifin seorang nasionalis sejati akrab dengan semua dan kepada penganut agama yang berbeda, menghargai kemajemukan.

Ada 3 hal yang ingin kami sampaikan. Pertama selamat atas terpilihnya menjadi Gubsu dan doa kami menyertai Bapak Syamsul Arifin mengemban tugas dan tanggungjawab memimpin Sumut. Selama kebijakan itu membela rakyat kami akan bersama-sama dengan Bapak Gubernur. Kedua selamat menunaikan ibadah puasa, sebagai penganut ajaran agama yang taat. Ketiga selamat datang di tengah-tengah warga HKBP sebagai kunjungan resmi yang pertama. Bapak pasti senang bersama kami karena disinipun banyak marga Silaban dan boru Silaban.

Tempat ini telah menjadi pusat pendidikan sejak 1901 untuk mendidik anak-anak bangsa dalam rangka memerangi kebodohan secara khusus untuk mendidik para calon guru. Kitapun sangat berterimakasih dan berbangga hati karena acara inipun dihadiri oleh para tokoh yang banyak membantu gereja-gereja di Sumatera Utara termasuk HKBP pada saat-saat dan situasi khusus yaitu Bapak DR GM Panggabean dan ibu, Bapak Ferdinand Simangunsong, Ibu Sariaty Pardede, Bapak Lundu Panjaitan SH, Bapak Nurdin Tampubolon, Bapak Parlindungan Purba, para anggota DPR RI, DPRDSU, DPRD Kabupaten/Kota dan jajaran pemerintah se-Sumut.

Kita berterimakasih atas kehadiran Ephorus Emeritus Pdt DR JR Hutauruk, Ketua Umum PGI Bapak Pdt DR AA Yewangoe, para pimpinan gereja, Ephorus GKPS Bapak Pdt Belman Dasuha STh dan ibu dan tamu dari Yasuma Dharma Kasih. Yayasan Pl Del Laguboti dan Glenages Medical Center Penang.

Hari ini, HKBP mengawali Sinode Godang HKBP ke-59 di bawah payung thema “Beritakanlah Injil kepada semua makhluk” yang paparannya akan disampaikan oleh Ephorus Emeritus Pdt DR JR Hutauruk. Dibawah terang thema itulah Sinode Godang ini.

1. Bersyukur kepada Tuhan oleh karena HKBP telah diperkenankan Tuhan untuk bersekutu, bersaksi dan melayani sambil melewati berbagai tantangan yang dihadapi dalam membangun kehidupan yang bermutu ditengah-tengah dunia ini.

2. Mengevaluasi perjalanan HKBP pada periode 2004-2008 akan apa yang telah dilakukan sedang dibenahi dan apa yang diharapkan untuk dilaksanakan pada masa yang akan datang.

3. Menetapkan RIPP (Rencana Induk Pengembangan Pelayanan HKBP) dan rencana strategis dan sikap umum HKBP 4 tahun kedepan untuk menuntun kita maju kemasa depan dengan cemerlang menjawab tantangan zaman.

4. Memilih fungsionaris HKBP yang terdiri dari Ephorus, Sekretaris Jenderal, Kepala Departemen Koinonia Marturia dan Diakonia dan 26 orang praeses yang memimpin distrik.

Sampai saat ini telah hadir peserta dari seluruh tanah air dan luar negeri yang sebagian terbesar menginap di berbagai fasilitas di kampus ini, di Pearaja dan diberbagai penginapan yang ada di sekitar kota Tarutung dan Siborongborong. Sejak kemarin, peserta merasakan kurangnya air memenuhi kebutuhan para peserta. Tetapi tidak mengganggu kehadiran karena kita semuapun merasa pulang ke kampung halaman sendiri ke Tapanuli tercinta. Doa dan harapan kami bahwa Sinode Godang ini akan berlangsung sejuk, penuh kedamaian dan bersahabat tanpa kehilangan daya kritis untuk menilai secara konstruktif perjalanan gereja kita. Kita mau melejit ke masa depan.

Kita boleh berbeda pendapat tapi kita tetap bersaudara. Kita boleh berbeda pilihan tetapi tetap HKBP. Sebab HKBP telah dewasa dan tidak akan mau mengulangi sejarah masa lalu. Marilah menang tanpa mengalahkan orang lain. Marilah memperkenalkan diri tanpa merendahkan orang lain. Marilah bergembira tanpa menyakiti orang lain. Siapapun yang terpilih adalah pilihan Tuhan. Kalau belum terpilih belum tentu kalah tetapi karena suaranya belum mencukupi. Kita berdoa dan bersama-sama mendukungnya. Agar HKBP tetap utuh membangun bangsa, negara dan masyarakat. Yang tidak terpilih bukanlah karena kalah tetapi karena belum waktunya terpilih.

Akhirnya kami ucapkan Selamat bersinode dan terimakasih kepada semua pihak yang telah mendukung terlaksananya Sinode Godang ini.

Horas ma di hita sude.

Pdt WTP Simarmata MA
Sekjend HKBP/Ketum Panitia

Sumber: Harian SIB

Tidak ada komentar:

Google Search Engine
Google
·

Guestbook of HKBP

·
·


Visitor Map