·

Rabu, 03 September 2008

Dalam Sinode Godang HKBP, 3 Calon Ephorus, 6 Calon Sekjen Akan Dipilih

Dalam Sinode Godang HKBP 1-7 September 2008 nanti, dipastikan tampil 3 calon Ephorus, 6 calon Sekjen dan sejumlah calon Kepala Departemen.

Nama-nama calon tersebut antara lain, sebagai calon Ephorus yaitu, Pdt Dr Bonar Napitupulu (saat ini Ephorus), Pdt WTP Simarmata MA (saat ini Sekjen) dan Pdt Dr J Sirait (mantan Ketua STT Siantar). Sedangkan untuk calon Sekjen antara lain, Pdt RJ Hutagaol STh, Pdt BDF Sidabutar STh, Pdt Ramlan Hutahaean, Pdt STP Siahaan, Pdt Janter Tambunan dan Pdt Dr Darwin Lumbantobing.

Masing-masing calon yang akan tampil dalam Sinode Godang nanti, belum berhasil dikonfirmasi. Namun Ketua Umum Panitia Sinode Godang Pdt WTP Simarmata MA saat dikonfirmasi Wartawan SIB Jhon Manalu via telepon, Kamis (28/8) membenarkan nama-nama tersebut.
Disebutkan, semua calon adalah yang terbaik dari hasil sinode distrik. Masing-masing memiliki pengetahuan dan pengalaman yang berbeda-beda. Namun yang menentukan siapa yang menjadi Ephorus dan Sekjen HKBP periode 2008-2012 adalah hasil Sinode Godang nanti.

“Kita serahkan sepenuhnya kepada Tuhan, bahwa Tuhan-lah yang menentukan bagi gerejaNya,” jelas Simarmata.

Ketika ditanya, apa jabatan masing-masing calon Sekjen sekarang ini. Simarmata menjelaskan, Pdt RJ Hutagaol pernah Praeses HKBP di Jawa-Kalimantan, pernah Praeses di Medan-Aceh, pernah anggota Majelis Pusat, pernah Kepala Biro Inspektorat HKBP dan belajar di Australia.

Pdt Ramlan Hutahaean saat ini Pendeta Resort di Jakarta, pernah Majelis Pusat dan Biro Personalia HKBP. Pdt STP Siahaan pernah Biro Keuangan dan pernah Praeses di Jawa-Kalimantan dan di Labuhan Batu. Pdt BDF Sidabutar saat ini Praeses Jawa-Kalimantan. Sedangkan Pdt Dr Darwin Lumbantobing saat ini sebagai Ketua STT HKBP Siantar.

Menyinggung untuk calon Kepala Departeman Koinonia, Marturia dan Diakonia?. Sekjen HKBP itu mengatakan, calon Kepala Departemen Koinonia ada muncul nama antara lain Pdt Welman Tampubolon STh saat ini Praeses Silindung, Pdt BM Siagian saat ini Kepala Departemen Koinonia. Untuk Kepala Departemen Marturia antara lain Pdt SMP Hutasoit saat ini Praeses Sibolga, Pdt JAU Doloksaribu MMin saat ini Praeses di Jakarta, Pdt Dr B Nainggolan dosen STT HKBP dan Pdt JM Manullang MTh saat ini Praeses Sumbangsel.

Sedangkan untuk calon Kepala Departemen Diakonia antara lain, Pdt Nelson Siregar saat ini Kepala Diakonia dan Pdt Dr Plasthon Simanjuntak saat ini Praeses Sumatera Timur.

Sementara itu, menurut Praeses HKBP Distrik X Medan-Aceh Pdt Midian KH Sirait saat dikonfirmasi, Kamis (28/8) juga membenarkan nama-nama kandidat itu. Sedangkan untuk calon Kepala Departemen Marturia ditambahkannya, Pdt COR Silaban.

Midian, menambahkan, semua calon tersebut sudah final karena merupakan hasil sinode distrik pada Juli 2008 lalu.

Dijelaskan, untuk calon Praeses akan ditentukan oleh Ephorus terpilih sebanyak 52 calon, kemudian di sinode dipilih 26 orang menjadi Praeses. Ia berharap, sinode godang tersebut berlangsung dalam damai. (M19/u)

Sumber: Harian SIB

Tidak ada komentar:

Google Search Engine
Google
·

Guestbook of HKBP

·
·


Visitor Map