·

Rabu, 25 Juni 2008

Gereja HKBP Malang

Sejak tahun 1935 tela ada 11 KK dan 10 orang pemuda Batak yang datang hijrah dari Sumatera ke Kota Malang. Mereka terdiri dari para pekerja, pencari kerja, dan mahasiswa/pelajar. Dalam memenuhi kebutuhan kerohaniannya, mereka bergabung dengan gereja-gereja tetangga yang berlanjut dengan membentuk persekutuan dari rumah ke rumah atau meminjam Gedung Sekolah / Gedung Gereja. Kerinduan membentuk kebaktian sendiri terwujud dengan datangnya Bpk. Ds. F.K.N. Harahap yang ditempatkan sebagai tenaga pengajar (guru) di SMP Kristen Malang serta menyatakan kesediannya melayani dan mendirikan jemaat HKBP di kota Malang.
.
Pada tanggal 7 Februari 1948, Bpk. Z. Harahap ditahbiskan menjadi sintua oleh Ompu i, Pdt. Justin Sihombing (Ephorus HKBP periode 1942-1962) di Gedung Gereja Kristen Djawi Wetan (G.K.Dj.W - sekarang GKJW) Malang. Penahbisan Sintua dan kunjungan Ompu i Ephorus semakin mendorong semangat anggota jemaat untuk memiliki gedung gereja sendiri.
.
Setelah Konferensi Meja Bundar (KMB) yang diikuti dengan Penyerahan Kedaulatan, tahun 1949, Gedung Gereja Gereformeerde Kerk milik Belanda, yang terletak di Jl. Bromo / Welirang dapat dipergunakan oleh jemaat HKBP untuk melaksanakan kebaktian yang akhirnya dibeli oleh jemaat seharga Rp 30.000,00 (tiga puluh ribu rupiah) melalui pinjaman dari Bpk. J.K. Panggabean (PT. Piola).
.
Tanggal 27 November 1955 diadakan Pesta Peresmian Pemilikan Gedung Gereja HKBP Malang dipimpin oleh Pdt. Melanchton Pakpahan, Pendeta HKBP Resort Jakarta (Kernolong) bersama Pdt. K. Hutabarat (Pendeta Rawat Rohani Kodam VIII Brawijaya).
.
Dalam kurun waktu 40 tahun terakhir, sejak tahun 1967, gedung Gereja ini sudah mengalami renovasi beberapa kali, melalui panitia yang diketuai berturut-turut oleh Dr. A. Silitonga, Drs. B. Lubis, J. Naibaho,SH, dan Drs. P. Napitupulu. Sedangkan jumlah jemaat 290 KK atau 1.182 jiwa.
.
Gereja HKBP Malang dapat menampung 400 orang. Beralamat di Jl. Bromo No.39, di sudut pertigaan Jl. Bromo dan Jl. Welirang. Lokasinya sangat strategis dan mudah dicapai dengan sarana transport. Gedung gereja yang mungil dan indah ini berukuran 400m2 dan dibangun di atas tanah seluas 800 m2.
.
HKBP Ressort Malang dilayani oleh Pendeta Ressort Pdt. RJ. Hutagaol,STh, diperbantukan 3 orang pendeta yaitu Pdt. Tanda SM. Manik,STh, Pdt. B. Sihombing,STh, (Jember) dan Pdt. M. Simatupang,STh (Banyuwangi). Sintua di HKBP Malang sebanyak 20 orang. Perlu kami tambahkan bahwa Gereja ini diresmikan menjadi Jemaat Induk ressort Malang pada tahun 1996 oleh Ephorus HKBP Pdt. Dr. P.W.T. Simanjuntak yang kepanitiannya diketuai oleh Bpk. Drs. Ir. M.H. Perwira Silalahi.
.
Sumber: kalender HKBP 2008

Tidak ada komentar:

Google Search Engine
Google
·

Guestbook of HKBP

·
·


Visitor Map