·

Rabu, 25 Juni 2008

Gereja HKBP Dolok Marlawan

HKBP Dolok Marlawan berada di Desa Dolok Marlawan, Kecamatan Jorlang Hataran, Kabupaten Simalungun, Sumatera Utara. Terletak di pinggir jalan protokol Pematang Siantar - Parapat, Km 14 (sekitar 1 Km dari Tiga Balata menuju Kota Tourist Parapat). Mulai berdiri sejak September 1908 yang dipimpin oleh Guru Jemaat yang pertama Gr. Josia Aritonang. Beliaulah yang pertama bertugas melayani jemaat kepada penduduk beragama Kristen yang tinggal di sekitar Balata, Kasinder, dan Saribujawa yang beribadah di Gereja HKBP Dolok Marlawan. Karena pada saat itu (sampai dengan tahun 1918) di wilayah tuan Dolok (dahulu) atau Kecamatan Jorlang Hataran (sekarang) gereja yang ada hanya di desa Dolok Marlawan. Mulanya gereja HKBP Dolok Marlawan bukan hanya dipakai untuk tempat beribadah (kebaktian) tetapi juga dipakai untuk sarana pendidikan (sekolah).
.
Sebelum dipindahkan ke lokasi sekarang, lokasi gereja HKBP Dolok Marlawan berada di Londut (sekitar 500 M dari Balata di pinggir jalan P.Siantar-Parapat). Dan kemudian pada tahun 1916 ketika penduduk di desa ini semakin bertambah, lokasi gereja (pargodungan) dipindahkan ke Dolok Marlawan II pada saat Gr. Herman Simanjuntak (Ompung dari Pdt. E.G. Simanjuntak, mantan Praeses Batam) melayani sebagai Guru Jemaat di Gereja HKBP Dolok Marlawan.
.
HKBP Dolok Marlawan diresmikan menjadi Ressort na Gok oleh Pimpinan HKBP Pdt. Dr. J.R. Hutauruk pada tanggal 30 Desember 2001 yang pada saat itu dilayani oleh Pdt. Siman Pandapotan Hutahaean, STh (MTh) dan sekaligus beliau dikukuhkan menjadi Pendeta Ressort yang pertama di HKBP Dolok Marlawan.
.
HKBP Ressort Dolok Marlawan memiliki hanya 1 gereja pagaran yaitu HKBP Kasinder. Saat ini, HKBP Dolok Marlawan terbagi atas 7 lingkungan/sektor yaitu: Pasar Baru, Pangkalan Buntu / Sosor, Dolok Marlawan II, Lumban Baringin, Huta Siregar, Huta Sigaol, dan Dolok marlawan I, yang beranggotakan 486 KK dan dilayani oleh: Pdt. Chrisvandoli R. Harahap, STh (Pendeta Ressort), Cal.Pdt. Johannes Silalahi, STh, Biv. Tiomas br. Simamora beserta 10 orang Sintua dan 6 orang Calon Sintua yaitu: St. A. Simandjuntak, St. M.T. Manurung, St. J. Sitindaon, St. O. Siregar, St. W. Pasaribu, St. J. Nadeak, St. K. Siregar, St. M.D. Manurung, St. T. br. Sirait, dan Cal.St. B. Sirait, Cal.St. E. br. Sidabutar, Cal.St. E. Tampubolon, Cal.St. B. Manurung, Cal.St. G. Manurung, Cal.St. M. br. Simanjuntak.
.
Sumber : Kalender HKBP 2008

Tidak ada komentar:

Google Search Engine
Google
·

Guestbook of HKBP

·
·


Visitor Map