·

Rabu, 30 Januari 2008

Soeharto dan HKBP

Soeharto tutup usia! Begitulah headline di beberapa siaran televisi pada hari Minggu, 27 Januari 2008. Dan terus berlanjut pada esok harinya, Senin 28 Januari 2008, saat pemakamannya di Astana Giri Bangun, Karanganyar, Jawa Tengah.
.
HKBP dan Soeharto pernah mengalami pasang surut hubungan, baik itu hubungan mesra, maupun hubungan 'dingin'. Hal itu tidak terlepas dari hubungan antara Ephorus HKBP dengan Maraden Panggabean yang merupakan orang dekat Soeharto.
.
Soeharto pada awal tahun 70-an pernah membuka pesta HKBP di Stadion Senayan. Bahkan lebih meriah daripada pesta parolopolopon 2007 HKBP bulan Oktober 2007 lalu.
.
Soeharto juga pernah membuka Pesta Jubileum 100 tahun di Sipoholon, Tarutung, Sumatra Utara, lengkap dengan pakaian adat Batak.
.

Pak Harto dan Ibu Tien mengenakan pakaian kebesaran adat Batak ketika menghadiri Jubileum 100 tahun HKBP di Sipoholon, Tarutung, Sumatera Utara.

.
Tetapi Soeharto juga pernah mengacak-acak HKBP lewat Jenderal Maraden Panggabean dan orang-orangnya. Soeharto melakukan intervensi terhadap HKBP yang efeknya masih terasa sampai saat ini yang tercermin dari konflik HKBP Bandung, HKBP Pondok Bambu, HKBP Kebayoran, dll. Luar biasa efeknya.
.
Tapi itulah sejarah. HKBP harus belajar dari masa lalu agar HKBP bisa lebih cerdik seperti ular dan tulus seperti dari merpati.
.
blog-hkbp.com
www.blog-hkbp.com

Tidak ada komentar:

Google Search Engine
Google
·

Guestbook of HKBP

·
·